Cara Ampuh bangun Pagi


Ayo Bangun



Kuat tidur sampai larut malam, tapi tidak kuat untuk bangun pagi. Gimana menurut anda gan, gitu juga gak. Bangun pagi itu sangat penting, kesegaran di pagi hari itu jangan di sia-siakan gan, udara sejuk dan segar itu kita dapatkan di pagi hari, setelah shalat subuh coba jalan-jalan santai sambil menghirup udara pagi itu nikmatnya luar biasa, jalanan masih sepi yang menandakan banyak orang yang masih tertidur lelap, padahal embun pagi yang dingin menambah nikmatnya suasana pagi.

jadi sangat sangat sangat disayangkan kalo kesegaran udara di pagi hari kita lewatkan, apalagi nanti kita akan menjali aktifitas yang padat di siang hari, selain cuacanya yang panas kerjaan kita yang memusingkan menambah sempurna suhu badan kita. Jadi aktifitas seharian kemaren kita segarkan di pagi hari, dan mungkin setelah kita menghirup udara pagi yang segar akan menambah semangat dalam menajalani aktifitas seharian nantinya.

Beberapa tips bangun pagi.
  1. Niat (Direncanakan bangun pagi belum kita tidur gan, ini penting katanya para ahli mengatakan bahwa otak bawah sadar kita yang akan mengingatkan kita, dan perlu di ketahui direncanakan yang lebih spesifik lebih detail lagi, kita lihat jam sebelum tidur dan katakan bahwa besok pagi saya harus bangun pagi jam 04.20 sebelum subuh. harus ya tidak boleh tidak) kemungkinan besar kita akan bagun gan, tapi kalo niatnya juga setengah2 mah beda lagi ceritanya.
  2. Tidur lebih awal.
    Kalau bangun pagi namun tidurnya terlalu larut itu juga kurang bagus gan, bisa jadi malah akan mengganggu kesehatan terutaama akan menjadi ngantuk disiang hari. Jadi imbang lah dengan istirahat yang cukup, jadi tidur lebih awal itu harus agar nanti ketika bangun pagi tidak berat.
  3. Siapkan Alarm
    Bisa karena teribiasa, kalo belum terbiasa bija juga menjdi faktor kita tidak bisa bangun pagi. Maka untuk menjadi terbiasa kita perlu di latih, alarm sebagai alat bantu saja diawal-awal nanti kalo sudah terbiasa pasti tanpa alrm akan bangun pagi, kecuali kita kecapean, kadang walau sudah terbiasa kalo kondisi seperti itu sulit untuk bangun pagi, maka alrm masih terus kita gunakan buat membantu kita.
    Namun 2 poin diatas yang menjadi priortas utama, karena setahu saya walau sudah pasang alrm dengan nada bagus, keras bahkan double tapi kalo 2 faktor diatas tidak dipakai yang ada bangun cuma mematikan alrm saja. dan saya sudah mengalami itu bahkan sering.
  4. Berdoa seblum tidur.
    ini sudah barang tentu dalam ajaran islam ini sudah diperintahkan, karena syaiton musuh yang nyata, jadi salah satu godaanya adalah dengan menahan kita bangun pagi. Karena dengan telat bangun pagi maka kita akan melewatkan ibadah shalat subuh yang banyak faedahnya.
  5. Cepat keluar dari tempat tidur
    Segeralah pergi ambil air untuk segera membasuh muka, ini dalam sekejap akan menghilangkat kantuk bawaan, kalo udah kena air maka kantuk hilang dan langusng fress, sukur-sukur kalo bisa langusng mandi makin segar aja, jadi ketika shalat subuh berjamaah tidak mengganggu jamaah sekitar kita, bisa juga kan bau iler yang semalem mengalir deras macet jadi noda di badan.
  6. Sediakan air minum.
    Setelah cucimuka lalu minum air putih itu rasanya juga segar sekali, mungkin kaya mesin kali ya gan semalm beraktifitas langsung dapat suplay air segar. Bahkan saya dengar info bahwa bangun tidur sebelum beraktifitas apa-apa segeralah banyak minum air putih.
  7. Setelah bangun hidupkan suasana dengan Suara murotal.
Mungkin itu pengalaman pribadi untuk bisa bangun pagi. semua itu tergantung motifasi masing2. Semoga dengan bangun pagi masjid-masjid jadi penuh kauh hawa shalat berjamaah.