Menghadapi Penipu Bisnis Online

Menghadapi Penipuan

Dalam bisnis apapun pastinya tidak lepas dari hal penipuan. Dalam konvensional mungkin Anda dapat mencegah dengan melakukan survey terlebih dahulu atau meetup dengan calon pembeli. Akan tetapi dalam bisnis di internet, yang Anda lakukan adalah nekad untuk percaya membeli sebuah produk atau memesan jasa yang ditawarkan. Jika tidak siap, maka jangan pernah terjun dalam dunia digital.

Penipuan dalam dunia digital terhadap Netizen dapat terjadi karena sebuah faktor X yang dimana X tersebut adalah keuangan dan kebutuhan. Sebagai contoh simple, di facebook Anda pasti sering melihat penawaran gadget maupun smartphone dengan harga yang murah meriah daripada distributor resmi dengan alasan produk tersebut adalah black market. Dengan harga murah yang ditawarkan berarti sudah masuk dalam faktor Keuangan, sedangkan gadget adalah salah satu faktor kebutuhan yaitu gaya hidup. Jadi jangan heran jika banyak Netizen yang tergiur dengan harga murah sebuah gadget tanpa memikirkan perbandingan harga terhadap distributor resmi sebuah gadget mapun harga penjualan resmi yang dimana hampir mustahil untuk 50%- 65% lebih murah.

Jadi lebih berhati-hatilah untuk tidak mudah tergiur oleh Iming-iming harga murah diluar kewajaran, untuk harga itu menurut saya memiliki harga standar, jika ada harga tak wajar ada banyak kemungkinan.


Ada beberapa  tips untuk mengurangi penipuan dalam belanja atau menjual online :

TIPS Menghindari penipuan dalam belanja & jualan ONLINE
  1. Pastikan anda telah melihat2 profil penjual/pembeli bisa di cek di FB, cek track recordnya, lihat terakhir update, teliti teman2nya, kita bisa lihat teman2nya, update statusnya dll.
  2. Jangan terburu2 dalam belanja, tanya2 terlebih dahulu, alamat tempat tinggal, No hp, akun media sosialnya, semakin banyak informasi yang di dapat bahwa biodata tidak fiktif anda bisa berbelanja dengan aman.
  3. Order sedikit dulu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dalam menjual/membeli via online, maka belanja sedikit terlebih dahulu, setelah benar2 anda yakin bahwa anda beli/menjual pada orang yang tepat maka transaksi ((إن شاء الله) aman.
  4. Beli/Menjual dengan transaksi yang kontan, walau pembeli/penjual yang sudah berlangganan bukan berarti itu aman tidak ada problem, maka untuk urusan pembayaran pastikan untuk tetap kontan, lebih baik berhati2 dan berjaga2, kita tidak tahu apa yang terjadi hari esok, keadaan slalu berubah2. dan kita pun tidak tahu dengan umur kita, karena hutang yang tidak dilunasi adalah dosa yang tidak bisa maafkan, tidak terampuni walau mati syahid.
  5. Cek Website dan blog
  6. Jika di perlukan anda meminta foto, scan kartu identitas KTP, SIM dll. selamat berbelanja / usaha online semoga menjadi usaha yang berkah.