Menghadapi Kompetitor/Pesaing

Menghadapi Kompetitor/Pesaing

Dalam bisnis apapun juga pasti memiliki persaing (kompetitor) yang dimana dalam bisnis ada dua jenis kompetitor yang saya andaikan sebagai berikut:

    Kompetitor Sehat
    Kompetitor Sakit

Kompetitor Sehat, biasanya adalah kompetitor yang bersaing dengan cara yang baik sesuai dengan etika bisnis. Dimana type kompetitor ini bersaing bukan dengan harga tapi bersaing secara kualitas baik dari segi layanan maupun jasa/produk.

Kompetitor Sakit, biasanya adalah kompetitor yang bersaing dengan cara menjatuhkan melalui cara-cara yang tidak sesuai dengan etika bisnis. Dalam dunia digital, kompetitor sakit atau tidak sehat biasanya akan melakukan atau membuat sebuah blog baru dengan statement yang menjatuhkan Anda. Jika ini terjadi, yang harus Anda lakukan adalah mempertahankan kualitas layanan dan produk/jasa kepada calon konsumen. Sedangkan dalam dunia konvensional, biasanya kompetitor sakit atau tidak sehat ini menggunakan berbagai macam cara untuk menjatuhkan Anda baik dengan fitnah, black magic dan sebagainya.

Dalam facebook, saya pernah berbagi quote yang isinya sebagai berikut:
“If you have competitors in business, it’s mean you will learn and grow your business. Another benefit is you will learn about your self Passion to turn your business become better” (Bahasa Indonesia: “Jika Anda memiliki kompetitor dalam bisnis, itu berarti Anda akan belajar dan bisnis Anda berkembang. Keuntungan lainnya adalah Anda akan belejar tentang Passion Anda untuk menjadikan bisnis Anda lebih baik”).

Jadi jika Anda tidak siap dengan kehadiran dua type kompetitor tersebut, maka jangan pernah terjun dalam dunia digital.



Bagi anda yang belum memiliki kompetitor mungkin masih santai dan  tenang2 saja, ingat bahwa kompetitor itu datang biasanya akan lebih bagus dan menarik, sehingga usaha kita yang kita dirikan akan teracam kejayaanya, dan bahwa kompetitor itu tidak peduli akan keruntuhan kejayaan kita. Meraka memang menginginkan pelanggan kita itu beralih menjadi pelangganya. Perhatikan bahawa datangnya kompetitor atau pesaing itu akan sangat menyakitkan, maka bersiap2lah menghadapinya....








EmoticonEmoticon