Mengamankan Data Diflashdisk

Mengamankan Data Diflashdisk





-----|Preface
Bagi Anda yang memiliki flash disk tentunya tidak lepas dari aktivitas tukar menukar data. Hal ini tidak menjadi persoalan jika Anda tidak memiliki “privacy data” atau teman Anda merupakan seorang yang dapat dipercaya.

Persoalan akan menjadi lain jika teman Anda merupakan seorang yang usil dan sering ‘utak-atik’ data Anda. Apalagi jika memang dalam flash disk Anda terdapat data yang sangat ‘super rahasia’ dan tidak boleh diketahui oleh siapapun, termasuk sahabat Anda.


-----|Preface
Bagi Anda yang memiliki flash disk tentunya tidak lepas dari aktivitas tukar menukar data. Hal ini tidak menjadi persoalan jika Anda tidak memiliki “privacy data” atau teman Anda merupakan seorang yang dapat dipercaya.

Persoalan akan menjadi lain jika teman Anda merupakan seorang yang usil dan sering ‘utak-atik’ data Anda. Apalagi jika memang dalam flash disk Anda terdapat data yang sangat ‘super rahasia’ dan tidak boleh diketahui oleh siapapun, termasuk sahabat Anda.

-----|Mengamankan Flashdisk
Aman disini dalam dua artian, yang pertama aman dari 'malware' seperti virus, trojan, worm, dan makhluk-makhluk sejenisnya.Yang kedua adalah aman dalam artian terjaganya privasi data anda.

.::Aman dari Virus::.
Caranya sangat mudah, anda tinggal membuat file bernama autorun.inf pada flashdisk anda(tidak di dalam folder). Caranya [klik kanan]->[New]->[Text Documents]-> rename menjadi . Setelah itu isikan file tersebut dengan kode di bawah ini:

[Autorun]
Open=System.exe

Cara ini mencegah aktifitas penulisan file pada flashdisk anda (bukan di dalam folder).Sayang cara ini hanya berfungsi pada windows xp sp. 1 dan tidak berpengaruh bagi virus yang mengkopi ke setiap folder seperti brontox dan kawan-kawan.

Alternatif lain adalah dengan menyimpan portable antivirus di flashdisk anda. Antivirus ini sangat banyak, tetapi saya sarankan anda memilih yang buatan lokal. Selain karena kita 'cinta produk dalam negeri' juga karena antivirus jenis inilah yang banyak mengenali virus-virus baru (karena sejak tahun 2006 di indonesia lebih banyak beredar virus lokal daripada virus impor)
Berikut ini beberapa diantaranya:
## Fix Norman (lokal)
## Gucup Antivirus (lokal)
## portableav (impor)
## clamav (lokal)
## PCMAV (lokal)
## VundoFix (impor)
## aswclnr (lokal)
## SMPFULL (lokal)
## OgAV (lokal)
## Avigen (lokal)
atau googling dengan keyword [download: portable antivirus]

.::Privasi Data::.
Software yang banyak beredar di internet seperti PC Security, Lock folder hanya berlaku jika anda menginstalnya dan tidak bisa dilakukan pada removable disk (flashdisk, disket, dll). Sederhananya seperti ini: "Saya ingin mengunci sebuah folder yang berisi file-file penting dan sangat 'pribadi'. Untuk hal tersebut, saya kemudian menginstal PC Security dan menguncinya. Masalah timbul ketika folder tersebut saya pindahkan ke flashdisk kesayangan saya, PC Security memang bisa menguncinya tetapi kalau di komputer lain folder tersebut tidak terkunci lagi.Saya coba software lain, tapi hasilnya sama saja".

Untuk itu saya berinisiatif membuat tools khusus yang saya beri nama Security Folder. Kapasitasnya tidak besar, hanya sekitar 15 kb jadi bisa dibawa kemana-mana. Sekarang sudah versi 1.4. Mudah-mudahan dapat dikembangkan lebih sempurna lagi.

--//Apa saja yang bisa dilakukan dengan Security Folder
Seperti namanya, tools ini khusus untuk mengunci folder (Win Xp) baik pada hardisk maupun media penyimpanan yang lainnya.

--//Apa kelebihannya
# Bisa mengunci folder tidak hanya di hardisk, tetapi juga di tempat lainnya.
# Disertai Username dan password sehingga folder yang kita kunci tidak bisa dibuka oleh orang lain.
# Kapasitas file sangat kecil
# Sangat mudah digunakan

--//Bagaimana mendapatkannya
Cukup kirim permintaan tools tersebut ke email saya < fatamorghana_02@yahoo.com > dengan . Nanti akan saya kirimkan ke email anda. Tools ini belum saya share ke internet karena masih jauh dari sempurna.

-----|Membuat Flashdisk Tampil Menarik
.::: LayOut Background ::.
Aman saja belum cukup, sekarang kita akan melakukan permak terhadap flashdisk. Langkah pertama membuat file dengan nama 'desktop.ini'(sudah tahukan caranya). Setelah itu tuliskan kode di bawah ini:

[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0
[{5984FFE0-28D4-11CF-AE66-08002B2E1262}]
PersistMoniker=file://Secret\Variasi\Folder.htt
[ExtShellFolderViews]
{5984FFE0-28D4-11CF-AE66-08002B2E1262}={5984FFE0-28D4-11CF-AE66-08002B2E1262}
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1
IconArea_Image=Secret\Variasi\BG46.jpg
IconArea_Text=0x0040FF00

Penjelasan:

--//PersistMoniker=file:
Diisi dengan alamat file 'folder.htt'. Alamat tersebut bisa ditulis secara absolut maupun relatif. File folder.htt biasa digunakan untuk mengubah tampilan folder seperti file html. Misalnya anda akan menjadikan layout flashdisk anda dengan menampilkan jam online, kita bisa memasukkan script jam tersebut pada file folder.htt ini. Kita juga bisa membuat morque atau efek-efek lainnya.Hanya sayang file ini tidak berpengaruh lagi pada Windows Xp sp.2 ke atas.


--//IconArea_Image=
Diisi dengan alamat gambar yang akan kita jadikan background. Seperti halnya 'PersistMoniker', bagian inipun dapat kita isi dengan 'relative path' atau 'absolute path'. Absolut path adalah alamat yang tidak akan berubah dalam kondisi apapun sedangkan relative path adalah alamat yang sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung keaadaannya.

Contoh: [IconArea_Image=C:\WINDOWS\winnt.bmp], alamat ini merupakan alamat yang bersifat absolut karena bagaimanapun juga gambar yang akan ditampilkan adalah gambar yang berada di [C:\WINDOWS\] dengan nama file [winnt.bmp]. Gambar yang akan ditampilkan tidak akan berubah meskipun file 'desktop.ini' kita pindah di tempat lain. Dianalogikan seperti ini: Si A bertanya tentang alamat sekolah kamu lalu kamu jawab "sekolah saya terletak di Jln. Baji gau III No.17 Makassar". Maka si A ini mengetahui alamat sekolah kamu secara pasti. Meskipun dia mencari dari Jakarta atau bahkan dari planet lain sekalipun. Dia akan dapat menemukan alamat sekoah kamu. Tapi jika anda menjawab "sekolah saya dari jalan raya belok ke kiri, di lorong kedua belok kiri lagi, dan jalan terus sampai kamu dapat pagar tinggi warna coklat dan bertuliskan SMADA".

Jawaban terakhir itu merupakan alamat relatif. Si A akan mendapatkan sekolah anda jika ia berada di jalan cendrawasih di sekitar baji gau. Bagaimana jadinya jika si A berada di jalan petterani. Meskipun dia sudah mengikuti petunjuk anda (belok ke kiri, di lorong kedua belok kiri lagi, dan jalan terus) ia tidak akan mendapatkan SMADA karena sekolah ini ada di baji gau. Apalagi jika si A bertanya dari Bone, saya yakin ia idak akan mendapatkan alamat sekolah anda.

Sekarang tahukan mana yang absolut dan bagaimana yang relatif. Baik kita lanjutkan. Untuk flashdisk biasanya kita memiliki selera sendiri misalnya gambarnya Tukul Arwana. Kita tentu tahu tidak semua gambar langka itu ada di setiap komputer, makanya kita harus menggunakan alamat relatif. caranya kita letakkan file gambar tersebut di flashdisk yang akan kita permak. Bisa diluar atau di dalam folder. Jangan sekali-kali menulis alamatnya dengan mengikutkan drive dimana gambar tersebut berada. Contoh lagi: misalnya komputer anda memiliki 5 drive
Drive A untuk disket
Drive C untuk sistem
Drive D untuk data
Drive E merupakan CD rom
Drive F merupakan flashdisk
Maka jika anda meletakkan file gambar (misalnya namanya tukul.bmp) maka alamatnya jangan ditulis [F:\tukul.bmp] tetapi cukup [tukul.bmp]. Jika gambar fans anda itu ada di dalam folder [variasi\fansku] maka penulisannya jangan [F:\Variasi\fasku\tukul.bmp] tetapi cukup [Variasi\fasku\tukul.bmp]. Hal tersebut dlakukan agar alamat file gambar anda tetap merujuk pada alamat yang benar. Jika alamat yang anda tulisakan lengkap (misalnya F:\Variasi\fasku\tukul.bmp) ini akan menjadi absolut path yang akan salah jika anda buka flashdisk anda di komputer lain yang flashdisknya di drive bukan F (misalnya flashdisk di kompi lain di D, E, G, atau yang lain).

--//IconArea_Text
Diisi dengan warna tulisan folder yang kita inginkan.
Merah = 0x000000FF
Kuning = 0x0000FFFF
Hijau = 0x0000FF00
Biru = 0x00FF0000
Putih = 0x00FFFFFF
Dan masih banyak warna laiannya. Anda tinggal memilih warna text dengan warna kesukaan anda dan mengkonversinya menjadi seperti bentuk diatas.Kalau anda merasa susah dan menurut anda kurang praktis maka akan saya kirimkan toolsnya ke alamat email anda.

.::Ikon Flashdisk tampil Beda::.
Untuk melengkapi penamplan flashdisk, kita tinggal menambahkan ikon kusus pada flashdisk. Secara default ikon flasdisk seperti ikon hardisk. Untuk mengubahnya kita membutuhkan file ikon baik yang asli (file berekstensi *.ico) atau pada file lain (seperti ikon file aplikasi).

Kodenya adalah sebagai berikut:

icon=%SystemRoot%\system32\SHELL32.dll,11
Ket:
Kode ini juga ditulis pada file [autorun.inf], dapat diletakkan sebelum atau sesudah kode [open].

--//%SystemRoot%\system32\SHELL32.dll,11
ini merupakan alamat ikon yang berada pada system direktori (kebanyakan berada pada 'C:\Windows\'). Aturan penulisannya -[alamat file aplikasi yang akan diambil ikonnya] [koma] [nomor ikon]. Untuk contoh diatas saya mengambil ion dari file shell32.dll dimana file ini adalah file yang berisi seluruh ikon-ikon windows, dan nomor 11 adalah ikon untuk CD-Rom.

Jika anda hanya akan mengambil ikon dari file aplikasi maka kodenya:
icon=Secret\Variasi\hartoto.exe,0


Seperti penjelasan sebelumnya alamat yang digunakan adalah alamat relatif. pada contoh diatas file yang kita ambil ikon nya adalah file aplikasi yang bernama [hartoto.exe] yang terletak pada flasdisk di subfolder [Secret\Variasi\], angka [0] adalah nomor ikonnya (disarankan tetap menggunakan angka nol untuk file aplikasi)

Jika anda hanya akan mengambil ikon dri file ikon [ekstensi *.ico] maka caranya hampir sama dengan cara mengisi file gambar pada contoh diawal pembahasan ini.
Misalnya:

icon=Secret\Variasi\CD-ROM.ico
Ket:
--//[Secret\Variasi\]
alamat folder ikon berada

--//[CD-ROM.ico]
nama file ikon

-----|Penutup
Data aman adalah dambaan setiap pengguna komputer, untuk itu ada bebrapa cara yang harus dilakukan baik dengan melakukan proteksi terhadap folder, menggunakan antivirus, ataupun trik-trik lain. Selain itu kita juga dapat mempercantik penampilannya dengan menambah file khusus yang disertai kode-kode tertentu.

----|Contact
Author : Hartoto
Subject : Membuat Flashdisk Aman dan Tampil Menarik
Email : fatamorghana_02@yahoo.com